Jumat, 01 Maret 2013

PENGERTIAN UMUM MENGENAI SHOLAWAT WAHIDIYAH DAN KANDUNGANNYA


PENGERTIAN UMUM MENGENAI SHOLAWAT WAHIDIYAH DAN KANDUNGANNYA
1.                        SHOLAWAT WAHIDIYAH
a.       Sholawat Wahidiyah adalah seluruh rangkaian do'a-do'a sholawat yang tertulis didalam Lembaran Shola­wat Wahidiyah, termasuk cara-cara dan adab-adab pengamalannya, bacaan-bacaan dan, segala isi kandungan yang terdapat didalamnya, termasuk bacaan surat Al Faatihah penutup.
b.      Sholawat Wahidiyah adalah rangkaian Do'a Sholawat Nabi SAW, yang alhamdu lillah oleh Alloh SWT dikaru-niai berbagai faedah antara lain dan terutama berupa menjernihkan hati, menenangkan batin dan menenteramkan jiwa serta meningkatkan daya ingat sadar/ma'rifat kepada Alloh SWT Tuhan Yang Maha Esa wa Rosulihi shollallohu 'alaihi wasallam.
c.       Sholawat Wahidiyah mempunyai kandungan berupa suatu sistem yang disebut "AJARAN WAHIDIYAH".
d.      Sholawat Wahidiyah dan Ajaran Wahidiyah telah diijazahkan secara mutlak oleh Muallifnya yaitu Al-Mukarrom Mbahyai Kyahi Haji Abdoel Madjid Ma'roef, Pengasuh Pondok Pesantren Kedunglo Desa Bandar Lor Kecamatan Mojoroto Kotamadya Kediri Propinsi Jawa Timur Indonesia, untuk diamalkan oleh siapa saja dar agar supaya disiarkan kepada masyarakat luas tanpa pandang bulu dengan ikhlas tanpa pamrih dan dengan bijaksana.
e.      Pengamalan Sholawat Wahidiyah termasuk sebagian dari amalan ibadah sunnah dalam Islam.
f.        Sholawat Wahidiyah mulai disiarkan pada awal tahun 1963.

  1. AJARAN WAHIDIYAH
a.       Yang dimaksud dengan AJARAN WAHIDIYAH adalah bimbingan praktis lahiriyah dan batiniyah yang berpedoman kepada Al Qur'an dan Al Hadits dalam melaksanakan Tuntunan Rosululloh SAW meliputi bidang iman, bidang Islam dan bidang Ihsan, mencakup segi syari'ah, segi haqiqoh/ma'rifah dan segi akhlaq.
b.      Ajaran Wahidiyah dirumuskan sebagai berikut :     
·      LILLAH-BILLAH
·      LIRROSUL-BIRROSUL
·      LILGHOUTS-BILGHOUTS
·      YUKTI KULLA DZII HAQQIN HAQQOH
·      TAQDIIMUL AHAM FAL AHAM TSUMMAL ANFA’ FAL ANFA’

  1. MUJAHADAH WAHIDIYAH
Mujahadah Wahidiyah atau lazim disebut MUJAHADAH, adalah pengamalan Sholawat Wahidiyah atau bagian dari padanya menurut cara/kaifiyah yang ditentukan oleh Muallif, sebagai penghormatan kepada Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallam dan sekaligus merupakan do'a permohonan kepada Alloh SWT Tuhan Yang Maha Esa yang diperuntukkan bagi diri pribadi dan keluarga, bagi bangsa dan negara, bagi segenap umat masyarakat jamii’ al 'alamin dan bahkan bagi segenap makhluq ciptaan Alloh.

  1. PENGAMALAN WAHIDIYAH
Yang dimaksud dengan Pengamalan Wahidiyah ialah melakukan Mujahadah (bermujahadah) sebagai dimaksud point 3 diatas serta menerapkan Ajaran Wahidiyah sebagai dimak­sud point 2 didalam kehidupan sehari-hari.

  1. PENYIARAN WAHIDIYAH
a.    Penyiaran Wahidiyah adalah penyampaian Sholawat Wa­hidiyah atau bagian dari padanya, dan atau penyam­paian Ajaran Wahidiyah atau bagian dari padanya kepada dan agar supaya disampaikan oleh orang lain dengan disertai keterangan/penjelasan seperlunya.
b.    Penyiaran Wahidiyah dilakukan menurut prinsip "Tidak pandang bulu" dan "Ikhlas tanpa pamrih" dengan " bijaksana serta didukung dengan Mujahadah.

  1. PEMBINAAN WAHIDIYAH
Pembinaan Wahidiyah adalah upaya untuk memelihara dan meningkatkan Pengamalan Wahidiyah dan Penyiaran Wahidi­yah sebagai dimaksud point 4 dan point 5 tersebut diatas.

  1. PENDIDIKAN WAHIDIYAH
Pendidikan Wahidiyah adalah pendidikan kewahidiyahan yang disalurkan baik melalui pendidikan formal maupun pendidikan non formal.

  1. DA'WAH WAHIDIYAH
Da'wah Wahidiyah adalah proses kegiatan "MENGAJAK" manusia sadar kepada Alloh wa Rosuulihi SAW dengan mengamalkan Sholawat Wahidiyah dan Ajaran Wahidiyah.

  1. PERJUANGAN WAHIDIYAH
a.       Perjuangan Wahidiyah atau juga disebut PERJUANGAN FAFIRRUU ILALLOHI WA ROSUULIHI SAW 'adalah upaya lahiriyah dan batiniyah mengusahakan kejernihan hati, ketenangan batin dan ketentraman jiwa menuju sadar/ ma'rifat kepada Alloh wa Rosuulihi SAW dengan pengamalan, penyiaran, pembinaan dan pendidikan Wahidiyah, serta sarana dan penunjang lain yang dibutuhkan dalam perjuangan Wahidiyah dibawah bimbingan Muallif Sholawat Wahidiyah.
b.      Perjuangan Wahidiyah mempunyai tujuan terwujudnya keselamatan, kedamaian, kesejahteraan dan kebahagiaan hidup lahir batin, materiil dan spiritual, di dunia dan di akhirot bagi masyarakat bangsa Indonesia di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUo 1945, dan bagi masyarakat ummat manusia seluruh dunia dengan mengu­sahakan :
1)             agar supaya ummat masyarakat jamii'al 'alamin (seluruh dunia terutama diri sendiri dan keluarga) kembali mengabdikan diri dan sadar kepada Alloh SWT Tuhan Yang Maha Esa dan Rasul-NYA SAW !
2)             agar supaya akhlaq-akhlaq yang tidak baik dan merugikan (terutama akhlaq diri sendiri dan keluarga) segera diganti oleh Alloh SWT dengan akhlaq yang baik dan menguntungkan.
3)             agar supaya tercipta kehidupan dunia dalam suasana aman damai saling hormat-menghormati dan saling bantu-membantu di antara ummat manusia segala bangsa.
4)             agar supaya dilimpahkan barokah atas Bangsa dan Negara, dan atas segala makhluq ciptaan Alloh.
c.       Pelaksanaan Perjuangan Wahidiyah meliputi :
1)        Bidang Pengamalan Wahidiyah
2)        Bidang Penyiaran Wahidiyah
3)        Bidang Pembinaan Wahidiyah
4)        Bidang Pendidikan Wahidiyah, dan bidang kegiatan lain yang dibutuhkan sebagai sarana dan penunjang pelaksanaan tugas-tugas Perjuangan Wahidiyah, yaitu :
5)        Bidang Keuangan Wahidiyah
6)        Bidang Organisasi dalam Wahidiyah/ke PSW an
7)        Bidang Administrasi dan Management Wahidiyah

  • Al Faatihah ...".............................                            1 x
  • Yaa Robbanallohumma sholli sallimii ... dst.                          3 x
  • Alloohumma baarik ..................... dst.                   7 x
Istighrooq - Al Faatihah








Tidak ada komentar:

Posting Komentar