SEJARAH
SINGKAT LAHIRNYA SHOLAWAT WAHIDIYAH
Pada kira-kira awal bulan Juli 1959,
Hadrotul Mukarrom Mbahyai Kyai Haji Abdoel Madjid Ma'roef Pengasuh Pondok
Pesantren Kedunglo - Desa Bandar Lor Kodya Kediri, menerima suatu alamat ghoib
dalam keadaan terjaga dan sadar, bukan dalam mimpi. Maksud dan isi alamat ghoib
tersebut ialah "SUPAYA MENGANGKAT MASYARAKAT". Yang dimaksud adalah
ikut serta memperbaiki/membangun mental masyarakat khususnya lewat "Jalan
Batiniyah". Mental masyarakat, terutama mental kesadaran kepada Alloh SWT
wa Rosuulihi SAW.
Sesudah menerima alamat ghoib tersebut
beliau sangat prihatin dan kemudian mengetog/memusatkan kekuatan batin
bermujahadah (istilah Wahidiyah) munajat berdepe-depe atau mendekatkan diri
kehadlirot Alloh SWT, memohonkan bagi kesejahteraan umat dan masyarakat,
terutama bagi perbaikan ahlaq dan mental masyarakat. Di antara doa-doa yang
beliau amalkan paling banyak adalah doa sholawat. Sholawat Badawi, Sholawat
Nariyah, Sholawat Munjiat, Sholawat Masyisyiyyah dan masih banyak lagi. Boleh
dikatakan hampir seluruh doa-doa sholawat beliau amalkan demi memenuhi maksud
adanya alamat ghoib tersebut. Tidak ada waktu yang terbuang tidak dipergunakan
membaca Sholawat oleh beliau. Bahkan amalan Beliau sebelum datangnya alamat
ghoib tersebut yang paling banyak adalah doa sholawat kepada junjungan Kita
Kanjeng Nabi Muhammad saw. Jika beliau bepergian dengan naik sepeda memegang
stir dengan tangan kiri, sedangkan tangan kanan dimasukkan dalam saku bajunya,
ternyata memutar tasbih di dalam saku baju tersebut. Amalan doa sholawat
Nariyah misalnya, berkali-kali beliau hatamkan 4444 kali dalam tempo satu jam
kurang lebih. Dengan penuh ketekunan dari prihatin yang sangat mendalam, beliau
tidak henti-hentinya bermujahadah dan melakukan riyadloh-riyadloh seperti puasa
sunnat dan sebagainya demi melaksanakan maksud alamat ghoib tersebut, dan tidak
seorangpun dari keluarganya yang mengetahui bahwa beliau sedang melaksanakan
suatu tugas yang sangat berat. Tugas yang harus dilaksanakan bukan untuk kepentingan
pribadi atau keluarga beliau, tetapi untuk kepentingan umat dan masyarakat,
untuk kepentingan perbaikan mental dan ahlaq umat manusia yang beraneka warna
laku dan pertingkahnya.
Pada kira-kira awal tahun 1963, beliau
menerima alamat ghoib lagi seperti kejadian pada tahun 1959. Alamat ghoib yang
kedua ini bersifat peringatan terhadap alamat ghoib yang pertama supaya
cepat-cepat ikut berusaha memperbaiki mental masyarakat melalui saluran
bathiniyah. Maka beliaupun terus lebih meningkatkan lagi mujahadah--mujahadah
berdepe-depe kehadlirat Alloh SWT. Sampai-sampai kondisi fisik jasmani beliau
seringkali terganggu. Namun demikian bathiniyah beliau tidak terpengaruh oleh
kondisi jasmani terus senantiasa berdepe-depe kehadlirat Alloh SWT. memohonkan
bagi perbaikan mental dan ahlaq umat masyarakat. Tidak lama sesudah menerima
alamat ghoib yang kedua tahun 1963 itu, beliau menerima alamat ghoib dari Alloh
SWT. untuk yang ke tiga kalinya. Dan yang sekarang ini lebih keras sifatnya
daripada yang kedua. "Malah kulo dipun ancam menawi mboten enggal-enggal
berbuat dengan tegas". (Malah saya diancam kalau tidak cepat-cepat
berbuat dengan tegas). Demikian kurang lebih keterangan yang beliau jelaskan.
"Saking kerasipun peringatan lan ancaman, kulo ngantos gemeter sak
bakdanipun meniko"; (Karena kerasnya peringatan dan ancaraman, saya sampai
gemetar sesudah itu) tambah beliau. Selanjutnya beliaupun menjadi lebih
prihatin lagi dan terus meningkatkan mujahadah berdepe-depe/lebih dekat memohon
kehadlirat Alloh SWT. Dalam situasi bathiniyah yang senantiasa mengarah kepada
Alloh wa Rosuulihi SAW. itu beliau kemudian mengarang suatu Doa Sholawat.
"kulo damel oret-oretan" istilah beliau, maka tersusunlah Sholawat
"ALLOHUMMA KAMA ANTA AHLUH . . . ". Sakderengipun kula inggih mboten
angen-angen bade nyusun sholawat (sebelumnya saya tidak ada angan-angan
menyusun sholawat) Beliau menjelaskan, "Malah anggen kula damel namung
kaliyan geloso (malah saya dalam menyusun itu sambil tiduran). Kemudian
Sholawat "ALLOHUMMA KAMAA ANTA AHLUH ..." yang baru lahir dari
kandungan bathiniyah yang bergetar dengan frekwensi tinggi kepada Alloh SWT wa
Rosulihi SAW, bathiniyah yang dikerumuni oleh rasa tanggung jawab dan prihatin
memikirkan umat dan masyarakat itu, disuruh mencoba untuk diamalkan oleh
beberapa orang yang dekat pada beliau pada waktu itu. Jika tidak keliru ada
tiga orang yang beliau sebut sebagai Pengamal percobaan, yakni Bapak Abdul
Jalil (almarhum) termasuk tokoh tua dari desa Jamsaren Kota Kediri, kemudian
saudara Mukhtar, pedagang dari desa Bandar Kidul Kediri dan saudara Dahlan
santri dari Demak Semarang (pada waktu itu masih remaja). Alhamdulillah
ketiga-tiganya melaporkan bahwa setelah mengamalkan "ALLOHUMMA KAMA ANTA
AHLUH ..." dikaruniai rasa tenteram dalam hati, tidak ngongso-ongso dan
lebih banyak ingat kepada Alloh SWT. Selanjutnya dicoba lagi beberapa santri
disuruh mengamalkan dan hasilnya Alhamdulillah juga sama seperti yang dialami
oleh tiga orang tersebut diatas, yang kemudian Sholawat "ALLOHUMMA KAMA
ANTA AHLUH ..." ini di sebut "SHOLAWAT MA'RIFAT". Kami mohon
keikhlasan para hadlirin-hadlirot dan para pembaca untuk tabarukan dengan
membaca Fatihah satu kali dan Sholawat Ma'rifat satu kali. AL FAATIHAH
......... 1x. ALLOHUMMA KAMAA ANTAAHLUH; SHOLLI WASALLIM WABAARIK 'ALA
SAYYIDINAA WAMAULAANAA, WASYAFII 'INNA. WAHABIIBINAA; WAQURROTI A'YUNINAA
MOHAMMADIN SHOLLALLOHU 'ALAIHI WASALLAMAA HUWA AHLUH; NAS ALUKALLOHUMMA
BIHAQQIHI AN TUGHRIQONAA FII LUJJATI BAHRIL WAHDAH HATTA LAA NARO WALAA ASMA'A,
WALAA NAJIDA WALAA NUHISSA, WALAA NATAHARROKA WALAA NASKUNA ILLA BIHAA;
WATARZUQONAA TAMAAMA MAGHFIROTIKA YAA ALLOH, WATAMAAMA NI'MATIKA YAA ALLOH,
WATAMAAMA MA'RIFATIKA YAA ALLOH, WATAMAAMA MAHABBATIKA YAA ALLOH, WATAMAAMA
RIDWAANIKA YAA ALLOH, WASHOLLI WASALLIM WABAARIK ALAIHI WA 'ALA ALIHI
WASHOHBIH, 'ADADA MAA AHAATHOBIHI 'ILMUKA WA AHSHOOHU KITAABUK; BIROHMATIKA YAA
ARHAMAR-ROOHIMIIN WALHAMDU LILLAHI ROBBIL 'ALAMIN.
Beberapa waktu kemudian tersusun lagi oleh
beliau sholawat yang pertama dalam LEMBARAN WAHIDIYAH, yaitu ALLOHUMMA YAA
WAHIDU YAA AHAD, YAA WAAJIDU YAA JAWAAD, SHOLLI WASALLIM WABAARIK 'ALA SAYYIDINAA MOHAMMADUW WA ALA ALI
SAYYIDINAA MOHAMMAD FII KULLI LAMHATIW WANAFASIM BI'ADADI MA 'LUUMAATILLAHI
WAFUYUUDLOOTIHI WA AMDAADIH. Juga Sholawat ini dicoba diamalkan oleh beberapa
orang dan Alhamdulillah hasilnya lebih positif lagi, yaitu dikarunia Alloh SWT
ketenangan bathin yang lebih mantap. Berturut-turut santri pondok Kedunglo
banyak yang mengamalkannya. Dan sementara itu Sholawat "ALLOHUMMA YAA
WAHIDU ....." ini mulai diijazahkan secara umum. Tamu-tamu yang berziarah
kepada beliau Mbahyai Kyahi diberi ijazah untuk mengamalkan sholawat ini,
disamping itu beliau menyuruh untuk menulis Sholawat ini kepada beberapa santri
yang selanjutnya tulisan itu dikirim kepada para Ulama/Kyai yang diketahui
alamatnya dengan surat pengantar yang ditulis oleh beliau sendiri untuk agar
bisa diamalkan oleh masyarakat setempat, Sebegitu jauh tidak ada jawaban dari
para Ulama/Kyai yang dikirimi. Dari hari kehari makin banyak orang yang datang
minta diberi ijazah amalan sholawat tersebut. Ijazah mengamalkan yang beliau
berikan adalah ijazah muthlaq, artinya disamping diamalkan sendiri supaya
ditularkan/ disampaikan kepada orang lain.
Pada waktu itu beliau Mbahyai Kyahi
memberikan pengajian Kitab Hikam sebagai pengajian rutin seminggu sekali pada
setiap malam Jum'at yang diikuti oleh santri-santri Kedunglo dan beberapa Kyai
disekitar kota Kediri. Pada suatu malam Jum'at didalam majlis Pengajian Kitab
Al-Hikam tersebut dituliskan Sholawat Ma'rifat "ALLOHUMMA KAMA ANTA AHLUH
..." kemudian diterangkan oleh beliau dan diijazahkan untuk diamalkan
disamping Sholawat "ALLOHUMMA YAA WAHIDU YAA AHAD….”
Seorang Ulama dari desa Pagu Kediri yaitu
Bapak KH. Ridwan yang biasanya mengikuti Pengajian Al-Hikam di Kedunglo, ketika
melihat tulisan Sholawat ALLOHUMMA KAMA ANTA AHLUH ... yang pertama kali di
papan tulis tersebut memandang dengan penuh keheranan ta'ajjub terhadap susunan
bahasa Sholawat tersebut. "Sungguh luar biasa ampuhnya sholawat ini",
demikian
kata-katanya sambil menggelengkan kepala.
kata-katanya sambil menggelengkan kepala.
Demikian seterusnya berjalan dari hari
kehari makin banyak orang yang minta ijazah SHOLAWAT WAHIDIYAH dan SHOLAWAT
MA'RIFAT. Untuk memenuhi kebutuhan yang bertambah banyak itu seorang pengamal
Sholawat Wahidiyah dari Tulung Agung yakni bapak K.H. Muhtar yang juga seorang
ahli khot tulis Arab, membuat lembaran Sholawat Wahidiyah : ALLOHUMMA YAA
WAHIDU YAA AHAD ... dan ALLOHUMMA KAMA ANTA AHLUH ... dengan di stensil yang
sangat sederhana atas beaya sendiri dan dibantu oleh beberapa orang pengamal
Sholawat Wahidiyah dari Tulung Agung.
Pengajian Kitab Al-Hikam yang diadakan
setiap malam Jum'at itu kemudian atas usul dari pengikut pengajian yang
pegawai, pengajian dirobah lagi hari, Minggu pagi hingga sekarang, yang juga
didahului dengan berjamaah sembahyang tasbih dan mujahadah Sholawat Wahidiyah.
Adapun keterangan keterangan yang diberikan oleh beliau Mbahyai Kyahi dalam
mengulas Kitab Al-Hikam itu diintegrasikan dengan kuliah-kuliah Wahidiyah.
Penjelasan dalam pengajian tersebut menggunakan istilah-istilah/kata-kata
populer yang mudah difahami dan mudah diterapkan dalam hati pendengarnya.
Soal-soal yang prinsip dan paling pokok bagi kehidupan manusia meliputi bidang
ahlaq, Tauhid, bidang mental, adab, bidang kemasyarakatan diuraikan dengan
contoh-contoh dan dengan i'tibar-i'tibar yang mudah difahami. Sehingga mudah
diterapkan dalam hati sanubari para pengikut pengajian. Penguraian
Ajaran-ajaran Wahidiyah seperti LILLAH BILLAH dan sebagainya disajikan dengan
sistimatis, sepadan dengan situasi dan kondisi para pengikut pengajian. Contoh
contoh diambilkan dari pengalaman-pengalaman hidup sehari-hari didalam
masyarakat.
Disaat beliau menerangkan soal-soal hakekat
wujud, ketika sampai pengertian dan pengetrapan "BIHAQIQOTIL MUHAMMADIYYAH",
selanjutnya dikemudian hari disempurnakan dengan penerapan LIRROSUL-BIRROSUL,
tersusun pulalah Sholawat yang ketiga yaitu : "YAA SYAFI'AL KHOLQIS
SHOLATU WASSALAM..." yang dalam pengamalannya dirangkaikan menjadi satu
rangkaian amalan yang didahului dengan bacaan Al-Faatihah bagi Junjungan kita
Nabi besar Muhammad SAW, dan bagi beliau Ghoutsi Hadzazzaman dan seterusnya,
untuk tabarrukan mari kita baca : AL FAATIHAH ............ 1x.
YAA SYAAFI'AL-KHOLQIS- & 'ALAIKA NUUROL KHOLQI
SHOLAATU WASSALAAM
HAADIYAL ANAAM.
WA ASHLAHU WA RUUHAHU & FAQOD DHOLAMTU
ABADAW-
ADRIKNII WAROBBINII,
WA LAISA LII YAA SAYYIDII & FA-IN TARUDDA KUNTU
SIWAAKA SYAKHSHON HAALIKA
Rangkaian ketiga sholawat termasuk bacaan
fatihahnya disebut atau diberi nama "SHOLAWAT WAHIDIYAH". Kata
Wahidiyah diambil dan tabarrukan (mengambil baro'ah) dari salah satu Asmaul
A'dhom yang terdapat didalam Sholawat yang pertama yaitu "WAAHIDU"
artinya "SATU". Satu, tidak terpisah-pisahkan lagi. Mutlak satu,
aslan wa abadan. Satu tidak seperti satunya makhluq. Diantara khowasnya
"WAAHIDU", seperti disebutkan dalam kitab Sa'adatuddaroini,
Rosulullah SAW bersabda yang artinya kurang lebih "ALWAAHIDU”, termasuk
Asma Alloh yang Agung (Asmaaul A'dhom) yang barang siapa berdo'a dengan kalimah
itu, diijabahi ".
Para ahli mengatakan. : "Bahwa
diantara khowasnya (khasiatnya) AL WAAHIHU, yaitu menyembuhkan rasa
kebingungan, rasa rupek, rasa gelisah dan kesusahan". Barang siapa
membacanya dengan sepenuh hati hudlu’ sebanyak 1000 kali, maka dia
dikaruniai Alloh SWT tidak mempunyai rasa takut dan khawatir kepada makhluq,
dimana takut kepada makhluq itu adalah sumber dari pada balak bencana di dunia
dan di akherat. Dia hanya takut kepada Alloh dan tidak takut kepada selain
Alloh!.
Pada kira-kira akhir tahun 1963 diadakan
pertemuan silaturrohmi diantara para tokoh dan Ulama’/Kyahi yang sudah
mengamalkan Sholawat Wahidiyah, dari daerah Kediri, Tulungagung, Blitar,
Jombang, dan Mojokerto, bertempat di langgar Bapak K.H. Abdul Djalil (almarhum)
Jamsaren Kediri. Pertemuan silaturrohmi tersebut langsung dipimpin oleh
Hadlrotul Mukarrom Mbahyai Kyahi sendiri. Diantara hasil musyawaroh tersebut
ialah susunan redaksi kata-kata yang kemudian ditulis didalam lembaran-lembaran
Sholawat Wahidiyah, sebagai petunjuk cara pengamalan Sholawat Wahidiyah,
termasuk kata-kata jaminan/garansi, yang insya Alloh redaksi asli dari pada
"Jaminan" tersebut diusulkan oleh Hadlrotul Mukarrom Mbahyai Kyahi
sendiri didalam musyawarah tersebut dan disetujui. (Periksa lembaran Sholawat
Wahidiyah Th. 1964 terlampir).
Kemudian pada awal tahun 1964 menjelang
peringatan ulang tahun yang pertama dalam bulan Muharrom tahun tersebut,
seorang pengamal Sholawat Wahidiyah dari Surabaya yakni Bapak K.H. Mahfudz dari
Ampel Surabaya dengan dibantu beberapa kawan, mengusahakan klise Sholawat
Wahidiyah yang pertama dan mencetaknya sekali sebanyak kurang lebih dua ribu
lima ratus lembar diatas kertas HVS putih atas biaya Almarhumah Ibu H. Nur AGN
Surabaya. Pada tahun 1964 sesudah peringatan Ulang Tahun Sholawat Wahidiyah
yang pertama, diadakan asrama Wahidiyah di Kedunglo dan diikuti tokoh-tokoh dan
para Kyahi yang sudah menerima Sholawat Wahidiyah, dari daerah Kediri, Madiun,
Tulungagung, Blitar, Malang, Jombang, Mojokerto dan Surabaya. Asrama diadakan
selama tujuh hari tujuh malam, dan kuliah-Wahidiyah langsung diberikan oleh
Hadlrotul Mukarrom Mbahyai Kyahi sendiri. Di dalam asrama itulah lahirnya
nida' "YAA SAYYIDII ... YAA ROSUULALLOH".
Sebagai pelengkap untuk menyempurnakan dan
meningkatkan amalan Sholawat Wahidiyah yang sudah ada, maka di dalam lembaran
Sholawat Wahidiyahpun kemudian ditambahkan kalimat tersebut. (Periksa terlampir
"Lembaran Sholawat Wahidiyah" yang ditulis pada tahun 1964).
Pada kira-kira awal tahun 1965, ketika
Beliau menerangkan hal-hal mengenai Ghoutsu Hadzazzaman r.a., di dalam Kuliah
Beliau dalam suatu asrama Wahidiyah yang kedua atau yang ketiga di Kedunglo,
lahirlah dari kandungannya:
YAA AYYUHAL-GHOUTSU &
'ALAIKA ROBBINII BI- IDZNILLAAH,
SALAAMULLOH
WANDHUR ILAYYA & MUUSHILATIL-LIL-HADLROTIL
SAYYIDII
BINADHROH 'ALIYYAH
Suatu jembatan emas yang menghubungkan tepi
jurang pertahanan nafsu disuatu fihak dan tepi kebahagiaan kesadaran kepada
Alloh wa Rosulihi saw, dilain fihak. Sebagian pengamal Sholawat Wahidiyah
menyebutnya "ISTIGHOSAH" dalam Wahidiyah.
Istighosah ini tidak langsung dicantumkan
kedalam rangkaian Sholawat Wahidiyah
dalam lembaran-lembaran yang diedarkan
kepada masyarakat, tetapi dianjurkan banyak diamalkan oleh mereka yang sudah
agak lama mengamalkan Sholawat Wahidiyah, terutama dalam Mujahadah-mujahadah
khusus. Begitu juga kalimah nida' "FAFIRRUU ILALLOH", pada waktu itu
belum dicantumkan dalam rangkaian pengamalan Sholawat Wahidiyah, tetapi dibaca
bersama-sama oleh imam dan makmum pada akhir tiap-tiap do'a. Dan pada waktu itu
"WAQUL JAA-AL HAQQU WAZAHAQOL BAATIL INNAL BAATHILA KAANA ZAHUQOO",
juga belum dijadikan rangkaian dengan "FAFIRRU ILALLOH" seperti
sekarang, tentulah ini suatu kebijaksanaan yang mengandung berbagai macam
hikmah dan sirri-sirri yang kita tidak mampu menguraikannya atau tegasnya tidak
mengetahuinya. Demikianlah dalam masa-masa sesudah tahun 1965, beberapa waktu
lamanya "LEMBARAN SHOLAWAT WAHIDIYAH"
yang diedarkan kepada masyarakat tetap seperti semula yaitu sampai pada
"YAASAYYIDII YAA-ROSUULALLOH".’
Perhatian masyarakat makin hari makin terus
bertambah-tambah terhadap Sholawat Wahidiyah. Permintaan-permintaan lembaran
Sholawat Wahidiyah makin bertambah-tambah, sekalipun disana sini ada sebagian
masyarakat yang tidak mau menerimanya dan bahkan memberikan reaksi terhadap
Sholawat Wahidiyah. Kontras terhadap Sholawat Wahidiyah, ternyata dikemudian
hari adanya kontras begini begitu terhadap Sholawat Wahidiyah tersebut,
ternyata memang merupakan saluran tarbiyah bagi peningkatan kesadaran kepada
Alloh wa Rosulihi saw.
Suatu ketika pernah wakil pengamal dari
suatu daerah melaporkan kepada Beliau Mbahyai Kyai, bahwa didaerahnya terjadi
pengontrasan yang sangat agresif. Dengan ramah dan senyuman Beliau paring
jawaban : Mestinipun kito rak matur kasuwun dateng mereka, jalaran kito lajeng
mindak/mempeng anggen kito mujahadah. (Mestinya kita kan harus berterima kasih
kepada mereka, sebab menjadi makin giat kita bermujahadah).
Di dalam suatu Kuliah umum Wahidiyah yang
pernah beliau Hadrotul Mukarrom Mbahyai Kyahi didalam suatu Mujahadah Kubro
sesudah Tahun 1970, Beliau memberikan suatu pandangan sikap perjuangan
Wahidiyah terhadap adanya kontras-kontras bahwa para kontras terhadap Wahidiyah
itu sesungguhnya besar sekali jasanya terhadap Wahidiyah. Mereka-mereka itu
adalah "KAWAN SETIA DALAM PERJUANGAN WAHIDIYAH" yang harus kita
syukuri.
Pada kira-kira mulai tahun 1968, mulai
dimasukkan kedalam rangkaian Sholawat Wahidiyah yang disebarkan kepada
masyarakat ialah : "YAA AYYUHAL GHOUTSU ..... dst". Begitu juga :
YAA ROBBANALLOHUMMA SHOLLI &
'ALA MOHAMMADIN SYAFII'IL
SALLIMI UMAMI,
WAL-ALI WAJ-'ALIL ANAAMA & BIL-WAAHIDIYYATI LIROBBIL
MUSRI’IIN
'ALAMIIN
ROBBANAGH-FIR YASSIR- & QORRIB WA-ALLIF BAINANAA
IFTAH WAHDINAA YAA ROBBANAA
Kemudian menjelang tahun 1971 menjelang
Pemilihan Umum dinegara kita, ditambah lagi dengan ;
YAA SYAAFI'AL-KHOLQI &
SHOLAATUHU 'ALAIKA MA’
HABIIBALLOHI SALAAMIHI,
DLOLLAT WADLOLLAT HILATII
& KHUDZ BIYADII YAA SAYYIDII
FII BALDATII WAL UMMATI
Demikian berturut-turut semakin hari
semakin disempurnakan, seirama dengan peningkatan Ajaran Wahidiyah yang
diberikan oleh Beliau Hadrotul Mukarrom Mbahyai Kyahi kepada kita dan sesuai
dengan kebutuhan situasi dan kondisi didalam masyarakat ummat manusia baik
didalam maupun diluar negeri.
Pada tahun 1972 dilengkapi dengan do'a
permohonan "ALLOHUMMA BAARIK FIIMA KHOLAQTA WAHADZIMIL BALDAH".
Tahun 1973 do'a nida’ "BISMILLAAHIR
ROHMAANIR ROHIIM, ALLOHUMMA BIHAQQISMIKAL A'DHOM WABIJAAHI SAYYIDINAA
MOHAMMADIN SHOLLALLOHU 'ALAIHI WASALLAM WABIBAROKATI GHOUTSI HAADZAZ ZAMAN WA
A'WAANIHI WASAAIRI AULIYAAIKA YAA ALLOH, YAA ALLOH, YAA ALLOH, 'RODLIYALLOHU
TA'ALA ANHUM (3X) BALLIGH JAMII'AL 'ALAMIIN'NIDAA-ANAA HAADZA "WAJ'AL
FIIHI TAKTSIIROM-BAllIGHO (3x) FAINNAKA 'ALA KULLI SYAI-ING QODIIR WABIL
IJAABATI JADIIR-(3x).
FAFIRRUU ILALLOH !
WAQUL JAA-ALHAQQU WAZAHAQOL BAATHIL INNAL
BAATHILA KAMA ZAHUUQO !
ditambah dengan nida’ "FAFIRUU
ILALLOH" dengan berdiri menghadap empat penjuru.
Tahun 1978 dilengkapi dengan do'a
"ALLOHUMMA BAARIK FII HAADZHIL MUJAAHADAH YAA ALLOH".
Tahun 1980 dalam Sholawat Ma'rifat diwaktu
pembaca sudah sampai pada
"WATARZUQONA TAMAAMA MAGHFIROTIKA" ditambah "YAA ALLOH"
demikian juga "WATAMAAMA NI'MA.TIKA" dan seterusnya sampai dengan
"WATAMAAMA RIDWANIKA" clitam-: bah "YAA ALLOH".
Tahun 1981 do'a "ALLOOHUMMA BAARIK
FIIMA KHOLAQTA WAHADZIHIL BALDAH" ditambah "YAA ALLOH", dan do'a
"ALLOOHUMMA BAARIK FII HAADZIHIL MUJAHADAH YAA ALLOH" menjadi
"WA FII HAADZIHIL MUJAHADAH YAA ALLOH", sehingga menjadi rangkaian
do'a "ALLOOHUMMA BAARIK FIIMA KHOLAQTA WAHADZIHIL BALDAH YAA ALLOH, WA
FII HAADZIHIL MUJAHADAH YAA ALLOH".
Pada tanggal 27 Jumadil Akhir 1401 H atau
tanggal 2 Mei 1981 lembaran Sholawat Wahidiyah yang ditulis dengan
huruf Al Qur'an itu diperbaharui, hingga seperti yang dapat kita lihat sampai
sekarang ini. (Periksa lembaran sholawat Wahidiyah terlampir).
Demikian secara kronologis/urut, lahirnya
amalan Sholawat Wahidiyah yang mengalami penyempurnaan di setiap periode. Semua
dari masing-masing penyempurnaan itu, sudah barang tentu memiliki sirri-sirri
yang kita sekalian tidak mengetahui maknanya, hanya kadang-kadang ada beberapa
pengamal ditunjukkan secara bathiniyah sirri-sirri itu. Disamping itu
penyempurnaan dari seluruh pengamalan Sholawat Wahidiyah, seirama dengan peningkatan
Ajaran-ajaran Wahidiyah yang diberikan Beliau pada kita, dan sesuai dengan
kebutuhan, situasi dan kondisi didalam masyarakat, baik di Indonesia maupun di
luar negeri.
Semoga Alloh SWT memberikan barokah
terhadap Sholawat Wahidiyah dan memberikan balasan yang sebanyak-banyaknya
kepaia Beliau Muallifnya, Hadrotul Mukarrom Mbahyai Kyahi K.H. Abdul Madjid
Ma'ruf RA ila yaumil qoyaamah, Amiin !.
- AL FAATIHAH ......................................................................................1 x
- YAA SAFI'AL KHOLQISH-SHOLAATU WASSALAAM ...... dst……3 x
- YAA SAYYIDII YA ROSUULALLOOH ..............................................7 x
- YAA AYYUHAL GHOUTSU SALAAMULLOOH ............. dst………3 x
- AL FAATIHAH .....................................................................................1 x
Tidak ada komentar:
Posting Komentar